MVC pada Pemrograman

5
(3)

Dalam membangun suatu aplikasi, kita sering mendengar istilah MVC yaki kepanjangan dari Model, View dan Controller. MVC ini memiliki pengertian dan fungsi berbeda beda agar dalam membangun suatu aplikasi dapat terstruktur dan lebih rapi. Namu tidak menutup kemungkinan seorang programmer mengesampingkan hal ini, namun jadinya sedikit tidak rapi dan yang akan mendevelop aplikasi sebelumnya biasanya akan mengalami kesulitan dikarenakan tidak terstruktur.

Nah, MVC ini memiliki fungsi dan arti sebagai berikut :

  1. Model
    Model biasanya berisi mengenai code yang berinteraksi langsung ke database. Jadi, didalam file view ini berisi query yang dibutuhkan baik untuk membuat data, membaca data, update data dan menghapus data yang biasa disebut dengan CRUD yakni Create, Read, Update dan Delete.
  2. View
    View biasanya berisi codingan yang berfungsi untuk menampilkan aplikasi, atau biasa disebut dengan UI atau User Interface. Didalam file view ini juga terdapat CSS untuk membuat tampilan menjadi lebih cantik dan Javascript yang berfungsi untuk membuat halaman menjadi dinamis.
  3. Controller
    Controller ini adalah penghubung antara file model dan view. Jadi, apabila kita memanggil file controller, maka didalamnya juga akan memanggil file view sebagai User Interface dan Model untuk menampilkan data apabila datanya berasal dari database.

Nah, cukup paham bukan? Demikianlah penjelasan singkat dan sederhana mengenai MVC pada Pemrograman semoga dapat bermanfaat buat Anda. Terima Kasih.

Seberapa bermanfaat postingan ini?

Klik bintang sebagai rating vote

Rating rata-rata 5 / 5. Jumlah vote 3

Tidak ada vote selama ini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*